9 Ciri Makhluk Hidup | Guru Goo Blog

9 Ciri Makhluk Hidup

Bertemu lagi dengan gurugooblog, yang kali ini akan membahas tentang Ciri-Ciri makhluk hidup. Ada 9 ciri yang harus dimiliki, agar sesuatu tersebut dikatakam makhluk hidup, diantaranya :

Bernapas atau Respirasi 
adalah proses memasukkan oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan gas zat-zat sisa. Dimana oksigen tersebut digunakan untuk merombak makanan menjadi energi dan sebagai hasil sampingnya adalah gas sisa berupa karbondioksida

Bergerak
adalah berpindahnya sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup karena adanya rangsangan internal atau pun eksternal.

Membutuhkan Makanan dan Nutrisi
Makanan dan Nutrisi ini digunakan makhluk hidup sebagai sumber energi.

Tumbuh dan Berkembang
Tumbuh merupakan perubahan bentuk tubuh  terjadi akibat sel-sel dalam tubuh jumlahnya semakin banyak, sehingga volume tubuh menjadi bertambah dan bersifat irreversibel (tidak bisa kembali ke ukuran sebelumnya). Contoh batang pohon semakin meninggi.
Berkembang adalah proses perubahan menuju kedewasaan. Contoh kemampuan pohon mangga dalam berbunga dan berbuah.

Berkembang Biak (Reproduksi)
Adalah serangkaian proses untuk menghasilkan keturunan. Ada dua macam reproduksi. Reproduksi Seksual dan Aseksual. 
Reproduksi Seksual/Generatif merupakan cara berkembang biak yang diawali dengan tahap peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin. Contoh mamalia melahirkan, unggas bertelur, dan tumbuhan menghasilkan biji.

Reproduksi Aseksual/Vegetatif merupakan cara berkembang biak tanpa diawali dengan tahap peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin. Contoh pisang bertunas, amouba membelah diri untuk menghasilkan keturunan.

Peka Terhadap Rangsang (Iritabilitas)
Contohnya secara spontan kita akan memejamkan mata saat ada benda yang tiba-tiba mendekat. Contoh lainnya jika ada seekor lalat yang hinggap di belakang tubuh sapi, maka secara spontan sapi tersebut akan mengibaskan ekornya. Pada tumbuhan putri malu akan mengatupkan dauunya ketika kita sentuh.

Melakukan Metabolisme / Regulasi
Metabolisme merupakan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Hal-hal yang terkait dengan proses metabolisme adalah sistem pernapasan dan ekskresi.

Proses metabolisme dibagi menjadi 2, yaitu anabolisme dan katabolisme.

Anabolisme adalah proses metabolisme yang merubah beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kompleks. Contohnya adalah proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Sedangkan katabolisme adalah proses penguraian senyawa kimia kompleks. Contohnya penguraian zat gula menjadi air dan karbondioksida pada manusia.

Mengeluarkan zat sisa
Zat sisa dalam tubuh makhluk hidup harus dikeluarkan karena bersifat racun. Pada manusia dan hewan zat sisa dikeluarkan melalui sistem eksresi sedang pada tumbuhan melalui stomata dan lentisel.

Beradaptasi
Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan agar mampu bertahan hidup. Ada 3 macam adaptasi.
Adaptasi Morfologi (Adaptasi Bentuk Tubuh)
Contoh : bentuk paruh burung berbeda-beda sesuai dengan makanannya.
Adaptasi Fisiologi (Adaptasi Fungsi Tubuh)
Contoh : Kita akan mengeluarkan keringat lebih banyak ketika suasan panas.
Adaptasi Tingkah Laku
Contoh : secara periodik paus muncul ke permukaan untuk mengambil nafas.

0 Response to "9 Ciri Makhluk Hidup"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *